5 Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Seorang wanita yang sedang menyusui harus selektif dalam memilih makanan. Salah makan, bisa-bisa bayi yang Anda susui ikut merasakan dampak negatifnya. Terdapat sejumlah makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui. Makanan tertentu bisa membuat produksi ASI menjadi tidak maksimal. Oleh karena itu, Anda bisa memilih makanan terbaik agar Anda bisa memberikan ASI  yang berkualitas untuk bayi Anda.

Jenis Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusui otomatis juga akan terkonsumsi oleh bayi melalui ASI yang diminumnya. Jika Anda tidak hal-hal buruk terjadi pada bayi Anda, maka Anda harus memperhatikan pola makan yang sehat dan seimbang. Anda juga harus menghindari beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui berikut ini.

1. Kopi dan teh

Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Kopi dan teh merupakan dua jenis minuman yang mengandung kafein. Minuman ini tidak baik dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Kandungan kafein yang terkandung dalam kopi dan teh tidak akan terbuang dengan sempurna. Sebagian kafein akan tersisa pada ASI. Jika bayi mengkonsumsi ASI tersebut, maka bayi Anda akan rewel dan sulit tertidur lelap.

2. Makanan pedas.

Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Jenis makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui adalah makanan yang pedas. Rasa pedas dalam makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil sedikitnya akan dikonsumsi oleh bayi juga. Rasa pedas bisa menimbulkan sensasi yang panas. Tidak hanya itu, rasa pedas tersebut kemungkinan juga bisa membuat bayi menjadi diare.

3. Coklat

Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Mengkonsumsi coklat bagi ibu menyusui ternyata juga tidak baik. Coklat juga mengandung kafein yang tinggi layaknya kopi dan teh. Ibu menyusui yang sering mengkonsumsi coklat akan membuat bayinya menjadi rewel dan sulit tertidur pulas.

4. Ikan bermerkuri tinggi

Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Ikan merupakan salah satu sumber protein yang baik. Namun, Anda juga harus jeli dan cermat dalam memilih ikan untuk dikonsumsi. Banyak sekali jenis ikan yang ternyata mengandung merkuri dalam kadar yang tinggi. Contoh ikan yang mengandung merkuri tinggi antara lain adalah ikan makarel raja dan ikan todak. Anda bisa memilih ikan yang memiliki kadar merkuri rendah seperti ikan tuna dan jenis ikan lainnya. Mengkonsumsi ikan bermerkuri tinggi akan membuat kualitas ASI menjadi tidak baik dan berpengaruh pada perkembangan otak bayi

5. Jeruk

Makanan yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui

Jeruk merupakan salah satu buah yang mengandung kadar vitamin yang tinggi. Meskipun jeruk baik untuk kesehatan ibu, namun ternyata rasa asam dalam buah jeruk belum bisa dicerna tubuh bayi dengan sempurna. Ibu yang mengkonsumsi jeruk akan membuat bayinya mengalami ruam popok dan lain-lain.

Sebisa mungkin, hindarilah makanan yang harus dihindari oleh ibu menyusui di atas. Konsumsilah makanan yang mengandung gizi tinggi sehingga tumbuh kembang bayi Anda akan menjadi lebih sempurna. Jagalah selalu kesehatan dan beristirahatlah secara cukup untuk membuat kualitas ASI menjadi baik.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *