5 Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Ibu yang sedang hamil tidak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan. Ada beberapa makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil karena dapat membahayakan kehamilannya. Beberapa pantangan makanan ibu hamil adalah makanan yang menimbulkan rasa panas di perut seperti nanas dan durian. Namun, ternyata masih banyak lagi makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil.

5 Pantangan Makanan Ibu Hamil

Ibu yang sedang hamil benar-benar harus menjaga kesehatannya dengan baik. Ia harus mampu mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi untuk dirinya sendiri dan untuk bayi yang sedang dikandungnya. Makanan yang dipantang untuk ibu hamil pun sebisa mungkin tidak boleh luput dari perhatian. Berikut daftar pantangan makanan ibu hamil yang perlu diketahui.

1. Jus yang tidak dipasteurisasi

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Jus yang baik untuk ibu hamil adalah jus yang telah mengalami proses pasteurisasi. Jus yang belum dipasteurisasi sangat rentan terhadap kuman. Oleh karena itu, ibu yang sedang hamil diharapkan untuk menghindarinya. Untuk menjaga kualitas jus agar lebih baik, Anda bisa membuat jus sendiri di rumah. Jadi, Anda bisa memastikan kualitas kesehatan dari jus tersebut

2. Kafein

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Makanan dan minuman yang mengandung kafein adalah pantangan makanan ibu hamil selanjutnya. Jenis-jenis minuman seperti teh, kopi, dan minuman berenergi berkafein sebaiknya dihindari terlebih dahulu selama masa kehamilan. Kafein dinyatakan bisa meningkatkan resiko keguguran, bayi lahir prematur, dan berat badan bayi yang rendah. Oleh karena itu, batasilah kafein selama masa kehamilan.

3. Durian

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Durian merupakan salah satu jenis pantangan buah bagi ibu hamil. Ibu hamil harus benar-benar membatasi konsumsi durian. Mengapa demikian? Durian mengandung alkohol yang bisa memicu terjadinya kontraksi dini. Akibatnya, keguguran pun bisa terjadi. Sebisa mungkin, hindari buah ini terlebih dahulu dan tunggulah sampai bayi Anda lahir untuk mengkonsumsinya.

4. Sayur pare

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Pare merupakan salah satu jenis sayur yang mengandung asam folat yang tinggi. Sebenarnya, ibu hamil sangat membutuhkan asam folat tinggi untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun di sisi lain, pare juga mengandung salah satu zat yang dapat memicu terjadinya kontraksi dini. Dikhawatirkan Anda akan mengalami keguguran jika mengkonsumsi sayur pare dalam jumlah yang banyak.

5. Tape

Pantangan Makanan Ibu Hamil yang Harus Dihindari

Tape merupakan salah satu makanan yang harus dihindari oleh ibu hamil. Tape memiliki sifat yang panas dan mengandung alkohol yang tinggi. Kandungan inilah yang dirasa berbahaya jika dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil. Jadi, hindarilah makanan atau pun minuman yang mengandung tape. Gantilah dengan makanan lain yang lebih aman.

Tidak semua orang beruntung untuk mendapatkan kehamilan dalam waktu yang cepat. Bagi bunda yang sedang hamil, jagalah kandungan bunda dengan sebaik-baiknya. Nantikanlah si kecil dengan bahagia dengan mengkonsumsi makanan yang sehat bagi ibu hamil. Hindarilah pantangan makanan ibu hamil di atas untuk menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi agar tetap sehat.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *