5 Tips Agar Ibu Menyusui Tidak Kurus

Tips Agar Ibu Menyusui Tidak Kurus

Selama masa menyusui, ada banyak tenaga yang akan dikeluarkan oleh seorang ibu. Pekerjaan mulai dari mengurus bayi, mencuci, bahkan melakukan kegiatan rumah tangga tentu akan membuat seorang ibu merasa lelah. Tak jarang ibu menyusui terlihat kurus karena terlalu capek atau pun karena kurang tidur. Jika Anda merasakan hal yang sama, Anda bisa melakukan beberapa tips agar ibu menyusui tidak kurus dan selalu sehat.

Tips Agar Ibu Menyusui Tidak Kurus Tanpa Obat

Ada banyak cara menggemukkan badan untuk ibu menyusui. Badan yang gemuk memang selalu berarti sehat. Namun, badan yang terlalu kurus ketika menyusui juga akan berpengaruh pada kualitas ASI Anda. Maka, lakukan beberapa tips agar ibu menyusui tidak kurus di bawah ini.

1. Makanlah secara teratur

Ketika menyusui, Anda membutuhkan lebih banyak asupan gizi dan nutrisi. Jika Anda tidak makan dengan teratur, kualitas ASI yang dihasilkan akan menjadi tidak berkualitas. Berat badan pun akan menjadi menurun dan membuat Anda terlihat kurus. Oleh karena itu, makanlah secara teratur baik saat sarapan, makan siang, ataupun makan malam agar tubuh tidak merasa lemas.

2. Hindari makanan dan minuman yang berkafein

Tips agar ibu menyusui tidak kurus selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak berkafein. Makanan yang berkafein seperti kopi dan teh harus dihindari baik pada masa kehamilan ataupun pada masa menyusui. Kafein hanya akan membuat cairan di dalam tubuh berkurang dengan sangat cepat. Akibatnya, ibu bisa mengalami dehidrasi

3. Hindari diet

Banyak ibu yang sedang menyusui tergoda untuk melakukan diet. Berat badan pasca melahirkan memang cukup meningkat dibandingkan masa sebelumnya. Namun yakinlah, berat badan tersebut akan pulih dengan sendirinya semasa Anda mengurus bayi Anda. Jadi, jangan pernah tergoda untuk melakukan diet, apalagi diet ketat yang berbahaya. Nikmatilah hidup dengan santai dan gembira bersama buah hati kesayangan Anda

4. Konsumsi suplemen dan susu ibu menyusui

Jika Anda merasa bobot badan kurang, maka Anda bisa mengkonsumsi suplemen dan susu untuk ibu menyusui. Kandungan yang terdapat dalam suplemen dan susu ibu menyusui bisa membuat tubuh lebih ternutrisi dengan baik.

5. Segera makan ketika lapar

Ketika Anda merasa lapar, segeralah makan. Anda tidak perlu menunggu waktu makan pagi. Lagipula, ASI yang dihasilkan akan menjadi kurang berkualitas ketika ibu menahan diri untuk tidak makan. Biasanya, ASI pun tidak bisa mengalir dengan deras ketika  seorang wanita sedang lapar. Jangan membuat bayi Anda gelisah karena ASI yang keluar kurang. Segeralah makan ketika Anda lapar.

Jalankanlah tips agar ibu menyusui tidak kurus di atas dengan sebaik-baiknya. Ibu menyusui yang sehat adalah ibu yang memiliki berat badan yang ideal dan tidak terlalu kurus. Konsumsilah makanan bergizi dan siapkan ASI terbaik untuk bayi Anda.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *