Berbagai Jenis Perubahan Kulit Yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil

Perubahan Kulit Pada Ibu Hamil Helo Sehat

Perubahan yang akan terjadi pada ibu yang sedang hamil pasti sangatlah banyak. Tidak hanya perubahan fisik yang akan terjadi, namun perubahan kulit pun juga pasti akan terjadi. Apapun perubahan yang terjadi, ibu hamil harus mempersiapkan diri dengan baik dan tidak boleh stress. Terdapat beberapa perubahan kulit yang umum terjadi pada ibu hamil. Perubahan tersebut tentu saja dikarenakan perubahan hormon kehamilan. Perubahan tersebut nantinya akan kembali normal ketika Anda sudah melahirkan. Maka, Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.

4 Perubahan Kulit Yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil

Banyak sekali perubahan kulit yang umum terjadi pada ibu hamil. Perubahan kulit ini bisa terjadi pada kulit area dalam maupun pada kulit area luar. Perubahan kulit pada ibu hamil tidaklah berbahaya.

1. Kulit menjadi lebih gelap

Perubahan Kulit Yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil

Salah satu perubahan kulit yang umum terjadi pada ibu hamil adalah warna kulit menjadi lebih gelap. Beberapa warna kulit menjadi menggelap terutama pada bagian aerola payudara. Beberapa pigmen seperti tahi lalat juga akan menjadi semakin menggelap. Hal tersebut akan kembali memudar seperti biasa seiring berjalannya waktu.

2. Pembuluh darah di pipi terlihat jelas

Perubahan Kulit Yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil

Beberapa ibu hamil mengeluhkan pembuluh darah di daerah pipi yang terlihat lebih jelas. Banyaknya arah yang tersirkulasi akan membuat tekanan pada pembuluh kapiler. Maka, lindungilah wajah Anda dari panas dan dingin yang ekstrem. Nantinya, pembuluh darah di pipi akan kembali normal pasca melahirkan.

3. Kulit berjerawat

Perubahan Kulit Yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil

Perubahan kulit ibu hamil menjadi berjerawat kerap kali dialami. Adanya hormon dalam kadar yang tinggi membuat produksi sebum dan minyak menjadi lebih meningkat. Akhirnya, semua itu akan menutup pori-pori dan kemudian menimbulkan jerawat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa rajin merawat wajah Anda. Cucilah wajah Anda sebelum tidur dan gunakanlah pelembab wajah yang bebas dari minyak. Jangan pernah menggunakan krim jerawat ketika sedang hamil, kecuali krim jerawat tersebut memang direkomendasikan oleh dokter.

4. Stretch Mark

Perubahan Kulit Yang Umum Terjadi Pada Ibu Hamil

Ketika berat badan Anda semakin bertambah, maka Anda akan menyadari bahwa ada stretch mark di perut Anda. Kehamilan nakan membuat kulit Anda akan menjadi lebih mudah tertarik. Ini disebabkan karena kadar hormon yang tinggi. Kadar hormon yang tinggi membuat keseimbangan protein kulit menjadi lebih tipis.

Warna stretch mark nantinya akan berubah menjadi keputihan. Tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk mencegah stretch mark. Namun setelah melahirkan, Anda tetap bisa menggunakan krim kulit untuk menghilangkan stretch mark di kulit Anda.

Ada pula beberapa wanita hamil yang mengalami gatal-gatal karena kulit yang menjadi lebih sensitif. Anda bisa merasakan kulit Anda menjadi merasa terbakar ketika terkena sinar matahari. Tidak usah takut dan khawatir. Semua hal tersebut akan sirna ketika Anda telah menyaksikan buah hati Anda lahir dengan selamat. Atasi perubahan kulit yang umum terjadi pada ibu hamil sesuai anjuran di atas.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *