Ingin Puasa Lancar Saat Menyusui? Cobalah Tips Ibu Menyusui Ketika Puasa Berikut

Tips ibu menyusui ketika puasa

Puasa adalah kewajiban bagi setiap orang islam. Namun, ada beberapa kondisi yang membuat seseorang diberikan dispensasi untuk tidak berpuasa dan harus membayarnya dengan fidyah. Salah satu kondisi tersebut adalah seorang ibu yang sedang menyusui. Ibu menyusui bisa membayarkan fidyah untuk mengganti puasa ramadhan yang ditinggalkannya. Namun, jika seorang ibu yang sedang menyusui ingin menjalankan puasa ramadhan apakah boleh? Boleh saja, jalankan saja tips ibu menyusui ketika puasa agar puasanya lancar dan ASI nya pun juga tidak kekurangan.

Simak Tips Ibu Menyusui Ketika Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan untuk ibu menyusui bisa tetap dilakukan dengan memperhatikan beberapa faktor. Hal terpenting yang harus Anda ingat bahwa Anda harus memastikan bahwa bayi Anda tidak terkena dampak buruk karena puasa yang Anda jalankan. Lakukan beberapa tips ibu menyusui ketika puasa berikut ini.

1. Konsultasi ke dokter

Tips pertama yang harus Anda jalankan adalah berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Ini adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Jika memang Anda dan bayi berada pada kondisi yang sehat dan memungkinkan, maka dokter pun akan memperbolehkan puasa meskipun Anda sedang menyusui.

2. Perhatikan kesehatan Anda.

Tips menyusui saat berpuasa selanjutnya adalah dengan memperhatikan kesehatan Anda. Berpuasa tentu akan membuat tubuh Anda menjadi lemas. Apalagi jika Anda memiliki berbagai macam riwayat kesehatan yang buruk seperti gangguan hormonal dan hipertensi. Ini bisa membuat produksi ASI menjadi berkurang. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti puasa dengan memperhatikan kesehatan Anda

3. Pastikan Anda mengkonsumsi makanan yang bergizi

Seorang ibu yang sedang menyusui mempunyai kebutuhan gizi yang berbeda dengan seorang ibu biasa. Ibu menyusui membutuhkan lebih banyak asupan gizi dan nutrisi. Jadi, tips ibu menyusui ketika puasa adalah dengan tetap memperhatikan gizi yang seimbang. Penuhilah gizi ketika sahur untuk menghasilkan energi yang akan Anda gunakan pada hari tersebut.

4. Konsumsi air putih yang cukup

Anda bisa mengkonsumsi air putih yang cukup untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa. Anda juga bisa minum susu menyusui untuk menghindari terjadinya anemia pada ibu menyusui.

5. Istirahat dengan teratur

Ketika Anda merasa lemas, Anda bisa beristirahat sejenak dengan merebahkan diri bersama si kecil. Sandarkanlah badan Anda ketika sedang menyusui. Anda tidak perlu khawatir ASI Anda akan habis jika digunakan untuk menyusui terus menerus. Semakin sering payudara dihisap maka produksi ASI akan menjadi semakin banyak.

Isapan bayi ketika menyusu ternyata merangsang proses produksi ASI dalam tubuh ibu. Jadi, jangan pernah takut berpuasa Ramadhan ketika menyusui. Jalankan saja tips ibu menyusui ketika puasa terbaik di atas untuk membuat ibadah Anda menjadi semakin lancar.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *