Pahami Beberapa Zat Gizi Wajib Bagi Ibu yang Sedang Menyusui Berikut Ini!

Zat gizi wajib bagi ibu yang sedang menyusui

Hallo bun, apakah aktifitas menyusui bunda berjalan dengan lancar? Menyusui merupakan salah satu aktifitas yang menyenangkan bagi ibu yang memiliki bayi. Ketika menyusui, semua sumber gizi dan vitamin bayi hanya berasal dari ASI tersebut. Oleh karena itu, seorang ibu yang sedang menyusui wajib memenuhi kebutuhan gizi. Ada beberapa zat gizi wajib bagi ibu yang sedang menyusui yang perlu Anda ketahui.

5 Zat Gizi Wajib Bagi Ibu yang Sedang Menyusui

Apa saja zat gizi wajib bagi ibu yang sedang menyusui ? Banyak kebutuhan gizi yang penting diketahui oleh ibu menyusui. Kebutuhan gizi ibu menyusui harus dipenuhi dengan sebaik mungkin agar bayi bisa tumbuh dan berkembang dengan lebih baik.  Berikut beberapa kebutuhan yang wajib dipenuhi oleh ibu menyusui.

1. Lemak

Lemak merupakan salah satu gizi penting bagi ibu menyusui yang dapat mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi. Anda bisa mengkonsumsi lemak dalam bentuk lemak yang tidak jenuh. Lemak yang tidak jenuh bisa didapatkan dari beberapa buah dan lauk seperti ikan berlemak, alpukat dan lain-lain.

2. Protein

Sama halnya dengan lemak, protein juga menjadi salah satu zat gizi wajib bagi ibu

yang sedang menyusui . Protein adalah gizi yang diperlukan dalam pembangunan berbagai jaringan tubuh. Protein bisa membantu bayi Anda berkembang dengan lebih sempurna di awal kehidupannya. Selain itu, ibu memang membutuhkan asupan protein yang banyak pasca melahirkan.

3. Kalsium

Kalsium tidak hanya penting untuk dipenuhi selama masa kehamilan. Ketika Anda menyusui, kalsium pun amat sangat dibutuhkan. Kekurangan kalsium bisa berakibat pada penurunan masa tulang sementara. Konsumsilah makanan berkalsium tinggi untuk membuat bayi Anda tumbuh sehat dan kuat

4. Vitamin C dan Vitamin E

Vitamin C bagi ibu menyusui bermanfaat untuk memperbaiki jaringan di dalam tubuh. Ini sangat diperlukan oleh seorang ibu dan bayi. Vitamin C juga diperlukan dalam pertumbuhan tulang dan gigi. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin C dari buah seperti jeruk dan jambu biji. Sedangkan vitamin E bermanfaat untuk mencegah anemia pasca melahirkan. Selain itu, Vitamin E akan melindungi paru-paru bayi karena kekurangan oksigen. Anda bisa mendapatkan sumber vitamin E dari kacang almond dan mangga.

5. Zat besi

Zat besi yang terpenuhi akan membuat ibu bisa memberikan ASI Eksklusif kepada bayinya. Seorang wanita biasanya tidak mengalami menstruasi selama 4 hingga 6 bulan pertama setelah melahirkan. Maka, tidak ada zat besi yang hilang bersama menstruasi. Namun, ibu menyusui yang mengalami anemia harus mencukupi suplemen zat besi untuk memenuhi kebutuhan zat besinya. Kekurangan zat besi ketika menyusui akan berdampak buruk bagi perkembangan bayi.

Cukupi kebutuhan zat gizi wajib bagi ibu yang sedang menyusui di atas dengan sebaik-baiknya. Jika ibu menyusui memiliki kondisi yang sehat, bayi pun juga akan sehat. Selamat menjalani waktu menyusui berharga Anda.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *