Penting Dikenali! Ini Dia 9 Ciri-ciri Mau Melahirkan

Ciri ciri Mau Melahirkan

Ketika hamil tua, Anda harus memperhatikan apakah sudah ada ciri-ciri mau melahirkan tau belum. Jika ini merupakan kehamilan pertama, mengenali tanda-tanda akan melahirkan mungkin terasa sulit. Sebaliknya, ibu yang pernah melahirkan sebelumnya akan lebih mudah mengenali tanda-tanda akan melahirkan.

Ciri-Ciri Mau Melahirkan yang Perlu Diketahui

Ada beberapa ciri mau melahirkan yang mungkin dialami oleh ibu menjelang proses persalinannya.

1. Adanya Kontraksi Palsu yang Semakin Sering

Kontraksi palsu menjadi ciri-ciri mau melahirkan yang paling mudah dikenali. Biasanya, kontraksi ini akan semakin sering dan semakin sakit. Di kehamilan usia 24 minggu, sebenarnya kontraksi sudah ada namun tak terasa sakit.

2. Bayi Bergerak ke Bawah

Kemudian, bayi akan bergerak ke bawah masuk panggul bila menjelang waktu melahirkan. Anda dapat merasakan bahwa posisi bayi masuk di bawah tulang rusuk. Jika hal ini sudah dirasakan, maka bersiaplah karena sudah mendekati waktu melahirkan.

3. Merasa Mual dan Mengalami Diare

Mual dan diare juga menjadi tanda mau melahirkan, meski tidak semua orang mengalaminya. Rasa mual tak hanya terjadi pada trimester pertama, namun juga datang kembali di trimester ketiga pada detik-detik akan melahirkan.

4. Air Ketuban Pecah

Ada wanita yang mengalami pecah ketuban sesudah dan sebelum melahirkan. Jika ketuban pecah sebelum melahirkan, ini bisa menjadi ciri-ciri mau melahirkan. Air ketuban akan keluar secara tiba-tiba. Kalau ketuban sudah pecah, segeralah hubungi bidan atau dokter kandungan untuk mendapatkan penanganan.

5. Nyeri Punggung yang Sakit

Ibu hamil yang akan melahirkan akan mengalami nyeri punggung yang teramat sakit. Hal ini dikarenakan posisi bayi ke bawah sehingga menyebabkan rahim mendorong tulang belakang. Pada waktu ini, kontraksi akan semakin sering terjadi.

6. Keluar Keputihan Beserta Darah

Salah satu tanda mau melahirkan yang paling umum terjadi ialah keluarnya cairan keputihan yang dibarengi dengan darah. Keadaan ini terjadi karena adanya pelepasan steker mukosa yang menutupi jalan lahir.

7. Merasa Mudah Lelah

Kondisi ibu hamil akan mudah mengalami kelelahan dibandingkan seseorang yang tidak hamil. Perut yang semakin membesar membuat Anda lebih sulit beraktivitas. Berat bayi yang ditanggung di dalam perut semakin lama juga semakin berat.

8. Berat Badan Mengalami Penurunan

Di usia kehamilan 9 bulan, berat badan ibu akan semakin kurus. Hal ini wajar dan Anda tidak perlu panik. Penurunan berat badan disebabkan cairan ketuban di dalam tubuh semakin sedikit.

9. Serviks Mengembang

Saat akan melahirkan, leher rahim atau serviks pun bersiap. Semakin dekat dengan waktu persalinan, serviks akan semakin membuka dan menipis. Besarnya pembukaan akan berbeda-beda antara satu orang dengan yang lainnya.

Setelah mengetahui ciri-ciri mau melahirkan, Anda akan lebih siap dalam menghadapi proses persalinan. Jika Anda sudah merasakan tanda-tanda tersebut, bersiaplah untuk pergi ke bidan atau dokter kandungan tempat Anda akan melakukan persalinan.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *