Simak Tips Ibu Hamil Tua Yang Penting Untuk Diketahui!

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 1

Apakah Anda sedang menunggu waktu melahirkan tiba? Kehamilan merupakan masa-masa yang paling indah bagi seorang ibu. Jika Anda kini tengah berada di kehamilan trimester ketiga, artinya masa kehamilan akan segera berakhir. Trimester ketiga adalah saat yang tepat bagi Anda untuk mempersiapkan proses kelahiran. Maka, Anda perlu mengetahui tips ibu hamil tua agar lebih bisa menghadapi proses melahirkan tanpa rasa stress.

12 Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan

Bagi Anda yang sedang mengalami kehamilan pertama, hamil tua menjadi salah satu moment yang cukup membuat stress. Ada banyak bayangan tentang proses persalinan yang kadang menakutkan. Untuk menghindari stress di kehamilan tua, ibu dapat melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Lakukanlah apa yang Anda suka

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 3

Tips ibu hamil tua pertama adalah melakukan hal yang Anda sukai. Setiap orang tentu saja memiliki kegemaran tersendiri. Melakukan hal yang menjadi hobi akan membuat Anda menjadi rileks dan lebih santai. Anda bisa melakukan hal-hal yang menjadi hobi Anda seperti menonton film atau pun mendengarkan musik. Hal tersebut bisa membuat Anda menjadi lebih rileks

2. Buatlah catatan mengenai rencana melahirkan

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 2

Ini berguna buat Anda untuk merinci segala aspek untuk memudahkan pengalaman melahirkan Anda.

Catatan ini berisi rumah sakit terdekat untuk melahirkan, siapa dokter obgyn yang akan menangani persalinan, siapa saja orang yang boleh menemani Anda, mungkinkah mendokumentasikan proses kelahiran si Bayi, tindakan medis apa saja yang mungkin diberikan saat melahirkan, bagaimana tentang suntik epidural dan mengatasi rasa sakit saat persalinan. Catatan ini sebaiknya di konsultasikan dengan dokter kandungan dan tenaga medis pilihan Anda.

3. Jangan dengar cerita menakutkan seputar kehamilan

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 10

Tips kehamilan tua berikutnya adalah dengan tidak mendengarkan cerita yang menyeramkan atau menakutkan seputar kehamilan. Anda tidak perlu mendengarkan cerita tentang sakitnya Caesar ataupun sakitnya episiotomi. Berpikirlah bahwa proses melahirkan itu adalah proses yang luar biasa. Itu artinya, Anda akan segera bertemu dengan buah hati yang selama ini hanya Anda bisa rasakan melalui sentuhan di perut saja.

4. Baca hal penting mengenai bayi

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 12

Daripada Anda harus mendengarkan cerita menakutkan seputar melahirkan, akan lebih baik bagi Anda untuk membaca banyak hal penting seputar bayi. Dengan demikian, Anda pun akan menjadi lebih bersemangat dalam menghadapi masa-masa kehamilan tua Anda.

5. Belanja keperluan bayi

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 8

Tips ibu hamil tua yang tentunya paling banyak digemari adalah dengan berbelanja perlengkapan bayi. Anda bisa meluangkan waktu bersama suami untuk berburu perlengkapan bayi. Sembari berburu keperluan bayi, Anda bisa berjalan-jalan dan refreshing menikmati pemandangan sekitar.

6. Jalin ikatan dengan janin

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 9

Semakin tua usia kehamilan Anda, Anda akan merasakan bahwa janin bergerak dengan semakin aktif. Anda bisa melakukan jalinan ikatan dengan janin Anda. Caranya, Anda bisa mengajak bayi Anda bercerita. Ternyata, hal ini mampu membuat janin menjadi lebih cerdas. Anda bisa mengajak janin mengaji atau pun mendengarkan musik.

7. Memilih dokter anak

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 5

Memilih dokter anak sebelum melahirkan adalah waktu yang tepat sebelum melahirkan. Sebab di minggu-minggu awal pasca kelahiran, Anda membutuhkan tenaga spesialis untuk memantau perkembangan dan kondisi kesehatan anak, seperti tingkat bilirubin, pemilihan vaksin imunisasi, atau beberapa masalah kesehatan yang dialami newborn.

Perbanyak membaca review beberapa dokter spesialis anak di sekitar tempat tinggal. Anda juga bisa minta rekomendasi dari sahabat, kerabat atau orangtua yang lebih dulu berpengalaman soal ini.

8. Mengatur cuti melahirkan dan perawatan anak

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 11

Jika Anda seorang ibu bekerja, penting untuk menentukan kapan harus mengambil cuti melahirkan. Cuti yang terlalu ‘mepet’ tanggal prediksi melahirkan akan merepotkan, sebab Anda perlu mempersiapkan keperluan persalinan di rumah sakit. Belum lagi kalau ternyata kelahiran si Bayi maju lebih awal dari prediksi obgyn.

Anda juga perlu menentukan pengasuhan anak setelah melahirkan, sebab saat cuti melahirkan Anda berakhir, perlu bantuan untuk merawat dan menjaga si Bayi. Apakah diasuh oleh babysitter, keluarga, atau memilih daycare.

9. Persiapan menyusui

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 4

Pemberian ASI sangat baik dilakukan segera setelah melahirkan melalui Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Kemudian dilanjutikan pemberian ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama usia bayi. Tapi proses ini nggak semudah yang dikira.

Banyak Anda mengalami masalah saat menyusui, mulai dari perlekatan yang salah, bahkan ASI yang nggak lancar pasca melahirkan. Itu sebabnya, Anda perlu mempersiapkan ASI sebelum melahirkan dengan mengikuti kelas menyusui dan berkonsultasi dengan konselor laktasi.

10. Menunda pemotongan tali pusar

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 7

Saat ini, banyak hasil riset yang menyatakan bahwa menunda pemotongan tali pusar bayi setelah lahir bermanfaat besar bagi kondisi kesehatannya. Meski begitu belum semua tenaga medis melakukannya.

Jadi Anda perlu menanyakan perihal ini kepada obgyn atau bidan sebelum memutuskan dan memilih tempat persalinan yang mendukung keputusan Anda.

Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa langkah pasca melahirkan yang baik untuk kesehatan bayi. Seperti menyimpan darah tali pusar di stem sel bank untuk kemungkinan menggunakannya di masa datang.

Sebelum melahirkan, perbanyak informasi tentang hal ini dengan segala kemungkinan baik dan buruknya untuk Anda dan Si Bayi.

11. Cari tahu tentang vaksin untuk anak

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan 6

Untuk mencegah adanya bakteri dan virus penyakit setelah kelahiran, bayi memerlukan vaksin untuk membangun sistem kekebalan tubuh. Kini banyak macam vaksin dengan plus-minus sistem kerja dan variasi harganya.

Salah satunya vaksin yang dirancang tanpa efek demam dan bengkak pada anak, tapi dibandrol dengan harga yang mahal. Sebaiknya Anda mencari informasi sedetil mungkin soal ini untuk menentukan mana yang lebih sesuai dengan kebutuhan bayi dan Anda.

12. Siapkan perlengkapan melahirkan dalam tas

Tips Ibu Hamil Tua Dalam Mempersiapkan Persalinan

Menjelang tanggal prediksi melahirkan, persiapkan barang-barang yang dibutuhkan untuk persalinan Anda. Idealnya persiapan ini dilakukan saat memasuki usia kandungan 8 bulan atau 36 minggu.

Masukan beberapa pakaian dan perlengkapan untuk persiapan persalinan ke dalam tas untuk beberapa hari perawatan di tempat bersalin atau rumah sakit. Bawalah sebagian kecil perlengkapan bayi untuk digunakan saat keluar dari rumah sakit seperti pakaian bayi, topi bayi, selimut, dan car seat untuk newborn.

Persiapkanlah rencana persalinan sampai pasca melahirkan dikehamilan trimester ketiga untuk membantu Anda dalam menghadapi persalinan dengan lebih nyaman dan mudah. Ibu hamil perlu mengetahui perisiapan sebelum melahirkan yang disarankan obgyn agar siap menghadapi proses persalinan dan bertemu si Bayi.

Mintalah bantuan Suami Anda, tenaga medis, atau keluarga untuk berkonsultasi tentang segala persiapan yang dibutuhkan saat melahirkan dan beberapa minggu awal setelahnya.

Sebisa mungkin, persiapkan semua peralatan persalinan jauh-jauh hari sebelum masa persalinan tiba. Lakukanlah persiapan dengan sebaik mungkin agar Anda bisa mendapatkan masa persalinan yang benar-benar mengesankan. Lakukanlah tips ibu hamil tua di atas dengan baik. Hamil itu adalah suatu hal yang sangat dinanti oleh banyak orang. Jangan pernah berpikir tentang hal yang menakutkan tentang kehamilan dan persalinan.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *