Tips Ibu Hamil yang Bekerja, Tetap Produktif Tanpa Ganggu Kesehatan si Jabang Bayi

Tips Ibu Hamil yang Bekerja

Jika Anda seorang wanita karir, artinya Anda tetap harus bekerja meskipun sedang hamil. Bolehkah ibu hamil bekerja? Tak ada yang salah dengan keputusan tersebut, dengan catatan Anda harus memperhatikan kondisi kesehatan sebaik mungkin. Ibu hamil akan merasa lebih mudah lelah sehingga membuat pekerjaan terasa lebih berat. Agar menjalankan pekerjaan bisa lancar tanpa mengganggu kesehatan, Anda bisa memperhatikan tips ibu hamil yang bekerja.

Tips Ibu Hamil yang Bekerja Supaya Tetap Sehat

Jika Anda tetap bekerja selama masa kehamilan, sebaiknya perhatikan hal-hal berikut ini:

1. Jangan Telat Makan

Tips Ibu Hamil yang Bekerja

Ibu hamil tak boleh telat makan karena bisa membuat kondisi tubuh makin lemas. Anda harus memperhatikan jam makan supaya kondisi tubuh tetap terjaga dengan baik. Makan yang rutin juga bisa meringankan gejala mual dan muntah yang sering dialami oleh ibu hamil.

Sebelum berangkat kerja, sarapan adalah hal wajib yang perlu dilakukan ibu hamil. Kemudian, bawalah camilan ringan yang menyehatkan. Anda bisa memilih roti lapis, buah ataupun biskuit.

2. Istirahat yang Cukup

Tips Ibu Hamil yang Bekerja

Tips ibu hamil yang bekerja selanjutnya ialah perhatikan waktu istirahat. Saat jam istirahat, Anda bisa mencuri waktu untuk tidur sebentar selama 15 menit. Anda juga bisa tidur di kendaraan umum ataupun taksi saat perjalanan pulang. Setelah pulang kerja, hindari melakukan aktivitas yang berat. Untuk urusan pekerjaan rumah, Anda bisa bekerja sama dengan suami menyelesaikannya jika tidak memiliki asisten rumah tangga. selain itu, jaga waktu tidur tidak kurang dari 8 jam sehari. Agar tidur lebih nyaman, Anda bisa menambahkan bantal di bawah perut.

3. Pilih Sepatu Kerja yang Nyaman

Tips Ibu Hamil yang Bekerja

Jika biasanya Anda suka memakai sepatu berhak tinggi, saat hamil lebih baik gunakan sepatu yang berhak pendek sekitar 3 cm saja. Sepatu model ini akan terasa lebih nyaman dipakai karena bisa menopang tulang belakang.

4. Jangan Mudah Stres

Tips Ibu Hamil yang Bekerja

Terkadang, urusan pekerjaan membuat banyak wanita merasa stres. Padahal, stress saat hamil bisa membuat kondisi kesehatan terganggu. Oleh sebab itu, ibu hamil yang bekerja di kantor harus pintar-pintar mengelola stres supaya tidak membahayakan kandungan. Jika merasa stres dengan beban pekerjaan yang harus diselesaikan, coba melakukan latihan pernapasan dalam, yoga ataupun menonton video lucu yang menghibur. Carilah kegiatan yang menyenangkan sehingga bisa mengalihkan perhatian untuk tidak merasa stres.

5. Tetap Aktif Bergerak

Tips Ibu Hamil yang Bekerja

Aktivitas ibu hamil yang bekerja tidak boleh terlalu lama duduk. Usahakan untuk sesekali berdiri dan berjalan di sela-sela waktu bekerja untuk menjaga kondisi kesehatan. Anda juga bisa melakukan gerakan peregangan sederhana di kantor. Tujuannya supaya otot yang kaku bisa lemas. Lalu, manfaatkan waktu istirahat sebaik mungkin dengan berjalan kaki.

6. Gunakan Kursi Kantor yang Nyaman

Tips Ibu Hamil yang Bekerja

Sebaiknya gunakan kursi kantor yang bisa diatur ketinggiannya. Akan tetapi, jika kursi di kantor Anda tidak bisa diatur ketinggiannya, Anda bisa menggunakan bantal kecil sebagai sandaran. Hal ini akan membantu Anda bekerja lebih nyaman.

Demikianlah tips ibu hamil yang bekerja semoga bisa membantu Anda. Masa kehamilan bukan menjadi alasan untuk tidak produktif. Anda tetap bisa menjalankan kegiatan seperti biasa asalkan tidak membahayakan janin di dalam perut.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *