Tips Ibu Menyusui Yang Bekerja Agar Bisa Sukses

Tips Ibu Menyusui Yang Bekerja

Setiap wanita pasti ingin memberikan ASI Eksklusif terbaik untuk anak-anaknya. Namun, banyak halangan yang ternyata membuat ASI Eksklusif menjadi gagal. Salah satu halangan tersebut adalah ibu bekerja. Meskipun ibu bekerja, ternyata ibu tetap bisa memberikan ASI eksklusif terbaik untuk anaknya. Ibu bisa menjalankan beberapa tips ibu menyusui yang bekerja agar bayi tetap bisa mendapatkan kebutuhan ASI.

Tips Ibu Sambil Yang Bekerja Yang Penting Untuk Dipelajari

Tips Ibu Menyusui Yang Bekerja

Menjadi wanita karir sah-sah saja. Namun, wanita karir yang sedang menyusui juga tetap harus memperhatikan kebutunhan buah hatinya. Menyusui sambil bekerja kedengarannya memang sulit. Namun, Anda bisa menjalankan beberapa tips ibu menyusui yang bekerja berikut ini.

1. Persiapkan diri

Setelah cuti melahirkan berakhir, Anda harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik untuk bekerja. Kini, Anda sudah memiliki tanggungan anak yang harus Anda rawat sebaik-baiknya. Anda harus mempersiapkan diri dalam waktu kurang lebih 15 menit untuk memompa ASI Anda.

2. Hindari stress

Stress merupakan salah satu penyebab ASI menjadi tidak lancar. Meskipun Anda capek bekerja, hindarkan diri Anda dari stress yang melanda. Luangkan waktu untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar mampu memberikan energi ketika bekerja maupun ketika sedang menyusui. Lakukan aktifitas menyusui sambil bekerja dengan gembira. Jadi, ASI Anda pun tetap akan diproduksi dengan lancar.

3. Pelajari cara memerah ASI

Cara memerah ASI tidak mudah untuk ibu yang baru pertama kali melakukannya. Penggunaan pompa ASI memerlukan latihan khusus. Oleh karena itu, Anda bisa berlatih memerah ASI dan selalu lakukan kegiatan tersebut pada waktu yang telah dijelaskan. Selain itu, tetapkanlah jadwal memerah ASI agar ASI yang diperoleh pun menjadi lebih berkualitas.

4. Persiapkan ASI Perah

Ketika Anda sedang beristirahat di tempat kerja, Anda bisa mempergunakan kesempatan tersebut untuk memerah ASI. Jangan sampai persediaan ASI untuk bayi Anda tidak mencukupi. Anda bisa menyimppan ASI di kulkas. Maka, jangan pernah lupa untuk membawa peralatan memerah ASI ketika akan berangkat kerja ke kantor.

5. Sempatkan menyusui bayi Anda secara langsung

Wanita yang sedang bekerja bukan berarti tidak pernah memiliki waktu untuk menyusui bayinya secara langsung. Bagaimanapun juga, tips ibu menyusui yang bekerja yang satu ini harus Anda jalankan. Ketika Anda menyusui bayi Anda, Anda akan memiliki ikatan batin yang kuat dengan bayi Anda. Jangan sampai ikatan yang telah terjalin tersebut terputus karena Anda terlalu sibuk bekerja. Saat pulang kerja, sempatkanlah waktu Anda sejenak untuk  menyusui bayi Anda secara langsung.

Jadi, tidak ada alasan bagi wanita yang bekerja untuk tidak dapat memberikan ASI eksklusif kepada anak-anaknya. Lakukan tips ibu menyusui yang bekerja  di atas dan berikanlah ASI Eksklusif . Semoga putra dan putri Anda tumbuh menjadi anak-anak yang sehat dan menyenangkan.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *