Waspadailah Masalah Kesehatan Yang Menyerang Ibu Hamil Dan Jangan Panik Menghadapinya

Masalah Kesehatan yang Menyerang Ibu Hamil

Dalam masa kehamilan, pasti ada gangguan yang terjadi dan membuat Anda cukup khawatir apalagi yang berhubungan dengan kesehatan. Hal ini biasanya terjadi karena perubahan kondisi tubuh dan faktor hormonal. Terkadang masalah kesehatan yang menyerang ibu hamil ini seringkali membuat Anda merasa khawatir dan bingung mencari solusinya karena Anda tidak boleh sembarangan mengkonsumsi obat berbahan kimia.

Beberapa Masalah Kesehatan Yang Menyerang Ibu Hamil

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang menyerang ibu hamil dan harus diwaspadai. Anda harus mengetahui solusinya agar dapat segera diatasi dan tidak bertambah parah dan berbahaya. Kenalilah sedini mungkin macam-macam penyakit yang diderita ibu selama kehamilan sehingga Anda tidak merasa panik menghadapinya.

1. Sakit punggung

Merasakan sakit punggung dalam masa kehamilan sepertinya dialami oleh setipa ibu hamil. Hal ini biasanya akan bertambah parah seiring dengan pertumbuhan usia janin dan menimbulkan ketidak nyamanan. Rasa sakit ini muncul karena adanya ketegangan di daerah punggung bawah dan juga panggul.

2. Mual

Keluhan mual juga merupakan masalah kesehatan yang menyerang ibu hamil dan sering terjadi. Biasanya di awal kehamilan terutama 3 bulan awal ibu hamil akan menderita morning sickness.

3. Puting mengeluarkan cairan

Untuk Anda yang sudah memasuki trimester akhir, biasanya payudara sudah siap digunakan untuk memberikan ASI. Efek yang terjadi yaitu Anda akan merasa ada cairan yang keluar melalui putting sehingga puting menjadi basah.

4. Pendarahan

Saat masa kehamilan, Anda bisa juga mengalami pendarahan seperti mimisan, pendarahan di vagina pada awal kehamilan dan lain sebagainya. Bila kasus ini semakin parah dan berulang, segeralah untuk mengkomunikasikannya ke dokter.

5. Keputihan

Saat hamil, kondisi kesehatan Anda di bagian vagina mungkin akan terganggu dengan adanya keputihan. Hal ini wajar karena itu merupakan akibat dari dinding vagina yang menjadi lebih lentur dan memproduksi lendir lebih banyak.

6. Kram

Di beberapa bagian otot seperti perut, betis, kaki akan mengalami kram selama masa kehamilan. Biasanya ini terjadi pada malam hari.

7. Sering buang air kecil

Hal lain yang kerapkali terjadi saat hamil adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Ini adalah hal yang normal terjadi karena kandung kemih terdorong oleh janin yang semakin berkembang sehingga kapasitas air seni yang bisa ditampung semakin sedikit.

8. Kurang tidur

Ibu hamil akan mengalami kesulitan tidur karena seringkali merasa tidak nyaman. Hal ini juga terjadi karena masalah hormonal yang membuat Anda sering terjaga. Kebingungan memilih posisi tidur saat sudah memasuki kehamilan di trimester akhir juga biasanya membuat ibu kesulitan untuk tidur nyenyak.

9. Masalah kulit

Masalah kulit yang paling sering dikeluhkan adalah munculnya stretch mark pada kulit. Hal ini sangat mengganggu dari segi penampilan dan juga efek gatal yang ditimbulkan.

10. Sembelit

Perubahan hormonal yang terjadi di masa kehamilan juga akan menyebabkan Anda mengalami sembelit. Oleh karena itu, konsumsilah serat yang cukup dengan rajin mengkonsumsi sayur dan buah berserat tinggi.

Ternyata ada cukup banyak masalah kesehatan yang menyerang ibu hamil. Yang harus Anda lakukan adalah meminimalisir munculnya masalah tersebut sedini mungkin. Jangan lupa juga mencari tahu segala informasi tentang masalah ibu hamil dan penanganannya agar menambah pengetahuan Anda.

About the Author: admin

You might like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *